SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK KELINCI DAFFA. SEMOGA ISI BLOG INI BERGUNA UNTUK ANDA. SEBAGIAN ISI MATERI BLOG INI (BERUPA TULISAN DAN GAMBAR) MERUPAKAN KUTIPAN DARI BLOG, SITUS DAN SUMBER – SUMBER LAIN YANG SAYA PINJAM UNTUK MENGISI DAN MENGHIASI BLOG INI. TENTU ISI YANG SAYA KUTIP MERUPAKAN MILIK SAH YANG EMPUNYA, SAYA HANYA MEMINJAM DAN MENGUTIP SAJA. SELAIN MATERI TENTANG KELINCI BLOG INI JUGA BERISI INFO – INFO SEPUTAR KEGIATAN USAHA PONDOK KELINCI DAFFA DAN INFO PENJUALAN PRODUK PONDOK KELINCI DAFFA. SELAMAT MEMBACA !

PERHATIAN : PETERNAKAN INI MASIH DALAM TAHAP PERINTISAN

Sabtu, 24 Maret 2012

MEMAHAMI SIFAT DAN KARAKTER KELINCI


KELINCI SUKA MENGERAT
Kelinci merupakan hewan yang ahli dalam mengerat dan menggali. Kelinci dewasa suka mengerat, tetapi cenderung lebih suka mengasah giginya yang terus memanjang. Sama halnya hewan pengerat lainnya, kelinci sangat suka menggali, jika ada kesempatan kelinci akan menggali lubang tanpa bosan.

CARA BERKOMUNIKASI KELINCI
Kelinci memiliki cara tersendiri untuk berkomunikasi, sehingga dibutuhkan kepekaan dan perhatian si pemelihara. Kelinci berkomunikasi melalui pandangan, pendengaran dan penciuman. Kelinci dapat mengenal siapa saja yang tinggal di rumah, yang sering memegang, mengelus dan memberinya makan. Kelinci sama sekali tidak bersuara saat lapar atau kenyang, kecuali jika terdesak seperti kesakitan atau ketakutan. Pendengaran kelinci sangat sensitif. Kelinci mudah cemas jika mendengar suara gaduh. Saat ketakutan akan menjerit dengan kuat dan berputar-putar kandang. Oleh karena itu tempatkan kandang di lokasi yang tenang.

KELINCI SUKA TEMPAT YANG TENANG
Kondisi lingkungan disekitar kandang sangat mempengaruhi kelinci. Dalam cuaca sejuk, kelinci akan terlihat lebih aktif dan nafsu makannya meningkat. Namun, jika dipelihara di lokasi yang agak panas akan terjadi peningkatan pernapasan melalui paru-paru sehingga pernapasan akan lebih cepat. Pada suhu 31 C, kelinci mudah mengalami sakit paru-paru. Oleh karena itu, ukuran dan konstruksi kandang memegang peranan penting dalam mengatur suhu tubuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR ANDA